bhoendchiez community: Menciptakan Budaya Membaca Dan Menulis Guna Mencerdaskan Kehidupan Masa Depan Bangsa Di SMK Penerbangan Sidoarjo

Menciptakan Budaya Membaca Dan Menulis Guna Mencerdaskan Kehidupan Masa Depan Bangsa Di SMK Penerbangan Sidoarjo

Oleh : Budi Handayani

Awalnya saya berpikir bagaimana sekolah kita mempunyai perpustakaan yang lengkap sebagai sarana pembelajaran bagi siswa yang membutuhkan buku sebagai komunitas pendidikan, apalagi jika buku-buku teknik penerbangan sebagai koleksi perpustakaan sekolah kita. Dalam pikiran andai benar ini tercipta apakah ada pengaruh terhadap kecerdasan siswa di SMK Penerbangan Dharma Wirawan Sidoarjo ini? Tentu semua ini berdampak positif, sehingga langkah awal untuk memulai menghidupkan perpustakaan sekolah sejak 2 tahun lalu saya dan teman-teman guru dengan caranya sendiri-sendiri membuat langkah untuk menggerakkan seluruh siswa, terutama yang duduk di kelas terakhir yang mau tamat untuk menyumbangkan buku-buku yang bermanfaat untuk sekolah kita dan sampai saat ini sudah masuk tahun ketiga.



Kepada seluruh siswa yang saya banggakan andai buku yang saya maksudkan bisa terkumpul di perpustakaan dalam waktu 5 tahun saja berapa banyak ilmu yang kalian serap dari buku-buku yang kalian sumbangkan buat sekolah. Untuk itulah kami ingin menciptakan budaya membaca dan menulis guna mencerdaskan kehidupan masa depan generasi bangsa, tapi apa yang saya peroleh? saat ini hanya dianggap oleh siswa terlalu mengada-ada dan dianggap remeh sehingga buku-buku yang setiap tahun terkumpul hanya buku2 horoscope, buku tenses bahasa inggris, buku agama yang membuat bagaimana kita kaya, buku agama sufi, dll buku agama yang dijual dipinggir jalan yang hanya sekedar memenuhi syarat untuk mengambil ijazah yang seumur hidup dan tulisan saya nempel di situ. Bukan saya bermaksud mengecilkan arti buku-buku agama tetapi buku agama yang kalian bawakan masih jauh dari arti yang sesungguhnya dan gak cocok diperpustakaan SMK Penerbangan. Sehingga saya berpikir apakah siswa pelajar saat ini malas untuk membaca dan malas pergi ke toko buku besar seperti gramedia sehingga jelas berdampak saat akhir pembelajaran bahwa banyak siswa yang bingung apa yang harus dilakukan padahal kami sebagai guru di sekolah tidak kurang-kurang memberikan petunjuk untuk banyak membaca, membaca dan membaca sehingga pengetahuan itu banyak yang ada dipikiran dan menjadikan luas pikiran. Dari apa yang terjadi terlihat jelas siswa yang banyak membaca memperoleh manfaat dalam hidupnya dan itu bisa di hitung dengan jari, dari tiga tahun terakhir jumlah siswa kelas XII rata-rata 250 siswa yang bisa masuk di GMF dan LION Air sebagai tenaga teknik hanya lebih kurang 5 % nya, ini semua karena malas membaca bukan bodoh tetapi MALAS MEMBACA malas menjadikan buku sebagai teman setia.

Buku yang merupakan jendela ilmu untuk menyongsong hari depan yang cerah haruslah bisa dijadikan teman dan harus menjadi sebuah kebutuhan seluruh masyarakat komunitas sekolah untuk mempersiapkan masa depan yang penuh dengan tantangan. Bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk menjadikan buku sebagai ”teman dekat” yang menemani kita. Dengan membaca maka akan mengetahui banyak pengetahuan dan informasi untuk pembangunan bangsa. Sudah saatnya kita ini lepas dari segala macam ketertinggalan. Untuk menjadikan budaya membaca dan menulis bagi masyarakat Indonesia, seperti halnya sayuran yang hendak dipupuk, masyarakat Indonesia juga perlu dibina dan dididik secara dalam agar mengerti benar tentang pentingnya membaca dan menulis. Apalagi masyarakat komunitas disekolah kita yang terdiri dari usia yang masih muda dan yang diharapkan maju dan berkembang.

Sebagai pelajar wajib menjadikan buku sebagai makanan sehari-hari dalam setiap jamnya dan jangan pernah bilang tidak cukup waktu untuk membaca buku, orang lebih senang menonton film, televisi atau bermain komputer. Padahal membaca tidak hanya memperkaya wawasan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Rajin membaca dapat membuat orang kaya akan wawasan dan informasi. Selain itu, membaca bermanfaat untuk otak dan kesehatan. Dan sebagai pelajar harus nya paham buku-buku bermanfaat yang bagaimana yang harus dibaca untuk masa depannya dan jangan pernah bilang buku apa yang paling murah yang saya berikan.

Mudah-mudahan dengan tulisan ini bisa menngugah seluruh nurani siswa dan paham akan manfaat dan arti membaca dan apalagi menulis . Besar harapan saya untuk para siswa mengerti arti sebuah buku yang saya maksudkan dan mampu menghidupkan budaya membaca seluruh siswa SMK Penerbangan Dharma WIrawan Sidoarjo.





0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih.. Anda Telah Bersedia Datang Disini...